Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn StumbleUpon
 
6 Kuliner Khas Timur Tengah Ini Wajib Dicoba oleh Traveler
Selasa, 09 September 2014 04:10:05 | Oleh:admin

FRONTROLL.com
Timur Tengah punya banyak makanan yang lezat dan enak untuk dicoba. Dari seluruh makanan khas yang enak, inilah 6 yang khas dan bikin ketagihan. Nyam!

Traveling tidak sah rasanya jika tidak mencoba makanan khas. Saat liburan ke Timur Tengah, pastikan tidak melewatkan makanan-makanan khas di bawah ini. Ditengok dari CNN, Kamis (12/6/2014) inilah 6 kuliner khas Timur Tengah yang bikin ketagihan:
 
1. Falafel, Yordania
Sebenarnya, masih ada perdebatan mengenai dari mana makanan bernama Falafel berasal. Namun makanan ini banyak ditemui di Timur Tengah, salah satunya di Yordania. Bentuknya seperti perkedel, terbuat dari kacang-kacangan dan rempah.

Falafel memiliki banyak cara untuk dimakan. Salah satunya menjadi tambahan menu dalam roti pita dengan sayuran dan mayonaise. Atau, menjadi tambahan dalam salad dan sup. Traveler bisa mencobanya di [email protected] di First Circle, Amman, Yordania.
 
2. Shawarma, Uni Emirat Arab
Sejenis kebab, kuliner yang tersebar di Timur Tengah bernama shawarma ini jadi makanan khas yang wajib dicicip. Beberapa daging yang bisa digunakan untuk shawarma antara lain daging kambing, ayam, kalkun dan sapi.

Shawarma biasanya disajikan bersama potongan sayuran, acar dan mayonaise. Setelahnya dibungkus bersama roti pita atau sejenisnya. Sekali mencoba, dijamin tambah!
 
3. Shish tawook, Mesir
Inilah sate dengan rasa Timur Tengah. Shish tawook terbuat dari daging ayam yang ditusuk seperti sate, dengan selingan paprika. Jika di Indonesia, sate disajikan dengan saus kacang, di sini disajikan dengan saus bawang putih.

Makanan ini bisanya disajikan dengan kentang goreng atau roti pita. Shish tawook terkenal di Libanon, Suriah, Mesir, Irak dan sekitarnya.
 
4. Baklava, Turki
Turkish delight bisa dengan mudah terkalahkan dengan makanan manis yang satu ini. Baklava adalah camilan pastry manis yang terbahan dasar mentega lembut, potongan kacang, tepung, dan telur. Disajikan dengan dressing madu.

Dari bentuknya, mungkin tidak terlalu menarik. Namun saat mencoba, tidak ada yang bisa menolaknya. Rasanya terlalu manis untuk dilewatkan. Tak heran jika Baklava jadi salah satu makanan khas paling disukai di dunia.
 
5. Mansaf, Yordania
Rasa yang unik membuat makanan khas asal Yordania ini membuat ketagihan. Ini adalah makanan berat, terbuat dari nasi dengan topping daging kambing. Yang membuatnya berbeda, ada kuah yoghurt yang asam dan segar sebagai pelengkap makanannnya.

Menu ini sangat terkenal di Yordania dan Palestina. Selain di sana, menu ini juga bisa ditemui di Irak, Suriah, dan Arab Saudi. Biasanya, menu ini cukup besar, jadi satu piring pun bisa untuk beberapa orang sekaligus.
 
6. Hummus, Mesir
Mungkin inilah saus paling lezat di dunia. Hummus adalah saus atau cocolan yang terkenal di Timur tengah termasuk Turki dan Maroko. Hummus terbuat kacang Arab dicampur dengan tahini, minyak zaitun, perasan lemon, garam dan bawang putih.

Hummus biasa dimakan bersama sayuran segar, atau roti pita yang garing. Kadang, saus ini juga bisa dicampur dalam makanan lain seperti burger.
 
 
2014 Doan Restaurant

Support by www.websiteresto.net