Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn StumbleUpon
 
5 Tajil dari 5 Negara Timur Tengah
Jumat, 21 Juli 2017 11:50:47 | Oleh:admin

Mungkin orang berasumsi bahwa Timur Tengah hanyalah Arab. Lebih luas dari itu, ternyata Timur Tengah juga mencakup sebagian besar negara Afrika Utara, seperti Mesir, Maroko, Libanon, Aljazair, Libya, Sudan, Tunisia dan masih banyak lagi.

Bukan hanya Baklava atau Kurma sebagai ta’jil terkenal asal Timur Tengah, hidangan tradisional khas Middle-East juga kaya ragam dan keunikan tersendiri. Khusus untuk Food Lovers, SendokGarpu.com mengumpulkan varian dessert ala Timur Tengah yang dapat Food Lovers kreasikan di dapur saat menjelang  buka puasa.

1. Labneh Balls (Arab Saudi)

Labneh merupakan keju lembut yang terbuat dari yoghurt, makanan ringan asal Arab ini sering dijadikan saus pelengkap sandwich atau roti pita. Saus Labneh diracik menggunakan minyak zaitun, sayuran seperti tomat dan mentimun.

Labneh juga berevolusi dan divariasikan ke dalam bentuk bola, inilah yang disebut dengan Labneh Balls, kadang dibalut dengan bumbu atau rempah dan disimpan di dalam toples yang dipenuhi minyak zaitun. Bahan pengawet alami tersebut dapat menjaga Labneh Balls selama setahun.

2. Umm Ali (Mesir)

Manis dan mengenyangkan, inilah dua deskripsi yang dimiliki oleh Umm Ali, dessert khas Mesir yang terbuat dari potongan croissant, kismis, kelapa, almond dan pistachio. Semua bahan dicampurkan ke dalam loyang yang siap dipanggang di oven sepanas 200 derajat, tak lupa ditambahkan susu kental manis dan vanili. Umm Ali juga menambahkan whiped cream untuk toppingnya sebelum dipanggang.

3. Bouza bi Haleeb (Libanon)

Dikenal juga sebagai varian es krim susu yang menyegarkan, sangat cocok untuk menemani cuaca panas Timur Tengah yang menyengat. Es krim ini sangat populer di daerah asalnya, dijual di berbagai pasar dan supermarket. Bouza bi Haleeb terbuat dari susu, gula, tepung maizena, mustikah dan perasa limau.

4. Ktefa (Maroko)

Punya nama lain ‘Bastilla Susu’, Ktefa adalah kue berlapis yang dibuat dari almond goreng manis dan saus custard, aroma daun jeruk yang harum menambah kelezatan dessert ini. Ktefa juga dipadu dengan saus susu kental dengan tepung jagung atau tepung beras.

Mendeskripsikan bentuknya, mungkin seperti kue serabi khas Indonesia, namun Ktefa disusun dengan tumpukan yang lebih banyak hingga 5 tumpuk.

5. Mahalabia (Libya)

Ini adalah puding khas Timur Tengah, terbuat dari susu dan gula serta bertekstur tebal, hasil campuran dari tepung jagung dan air mawar. Mahalabia sering dihidangkan untuk berbuka puasa, atau bahkan memenuhi hidangan sahur. Puding ini juga biasa diberi garnis berupa kacang pistachio, almond, kayu manis, kismis atau kelapa parut tergantung selera.

link: http://www.sendokgarpu.com/index.php/articles/food/1806-5-Tajil-dari-5-Negara-Timur-Tengah

 
2014 Doan Restaurant

Support by www.websiteresto.net