Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn StumbleUpon
 
8 Makanan Khas Timur Tengah yang Populer di Indonesia
Senin, 28 Agustus 2017 12:02:02 | Oleh:admin

Perkembangan dunia kuliner memang semakin melejit di Indonesia. Beragam menu makanan mulai dari lokal hingga masakan luar negeri pun telah menjamur, sehingga kita dapat mencicipinya tanpa harus pergi mengunjungi negara asal makanan.
Salah satu jenis masakan khas luar negeri yang cukup populer di Indonesia adalah makanan dari Timur Tengah. Kuliner Arab ini banyak diminati orang Indonesia karena rasanya yang khas dengan rempah yang terasa kuat di lidah. Berikut ini adalah beberapa menu khas Timur Tengah atau Arab yang cukup populer di Indonesia.

1. Nasi Kebuli
Nasi kebuli tentu tidak asing lagi di Indonesia. Kuliner yang memiliki cita rasa gurih dan kaya akan bumbu rempah ini dimasak dengan menggunakan daging kambing, kaldu kambing dan susu kambing. Sebagai pelengkap, nasi kebuli disajikan dengan acar, kismis, dan sambal. Hidangan yang sudah menjadi menu khas Betawi ini merupakan hasil akulturasi budaya Arab di Indonesia.

2. Kebab
Kebab adalah makanan khas Timur Tengah dengan komposisi daging panggang, sayuran segar seperti tomat, selada, bawang bombay, mentimun, saus sambal, dan mayones yang yang digulung dalam tortilla. Daging yang biasanya digunakan adalah daging kambing, sapi, atau ayam. Di Indonesia, kebab mudah di temukan di pinggir-pinggar jalan atau di depan mini market.

3. Roti Maryam
Bentuknya roti maryam mirip dengan roti canai (Aceh) dan roti Japati (roti India) karena memang dibuat dari adonan yang sama, yaitu dari tepung terigu, telor, dan mentega. Bagi Anda penikmat manis, Anda dapat menyantap roti maryam dengan gula atau madu. Kari yang bercita rasa pedas gurih pun dapat dijadikan teman makan roti maryam. Berbagai pilihan rasa lain roti maryam pun mudah ditemui di Indonesia, diantaranya coklat, keju, kacang, daging.
Kulina Box Basic
Paket langganan makan siang komplit, lezat, dan murah Rp 20.000/box. Diantar tanpa tambahan ONGKIR!
link.kulina.id

4. Samboosa atau samosa
Kue yang berbentuk segitiga ini terbuat dari daging cincang yang ditumis dengan bumbu rempah dan sayuran berupa kentang, bawang bombay, ketumbar, kacang polong, kemudian dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng. Samosa cocok dinikmati sebagai cemilan.

5. Hummus
Humus lebih dikenal sebagai bubur khas Timur Tengah 
Makanan yang berupa puree, bubur atau saus cocolan ini berbahan dasar kacang kedelai yang dihaluskan, lentini, tahini (wijen giling), minyak zaitun, air lemon, garam dan bawang putih. Hummus biasa dimakan dengan roti pita kering dan sayuran. Agar terlihat cantik, Hummus disajikan dengan irisan tomat, chickpea, tortila yang ditaruh di tengahnya. Cara menikmatinya dengan menyobek sedikit roti pita lalu mencocolkannya di hummus.

6. Katayef
Katayef dengan isian kacang kenari dan gula. 
Katayef adalah hidangan sejenis pastel yang dibuat dari adonan terigu dengan aroma kayu manis dan diisi dengan kacang kenari dan gula. Katayef yang biasa dimakan sebagai makanan berbuka ataupun pencuci mulut ini lebih nikmat disantap dengan sirup madu. Terdapat beberapa varian rasa Katayef yang telah dimodifikasi di antaranya rasa Keju, Kurma, Special (kismis, kacang tanah, kayu manis), Mehallabiya(Custard Susu).

7. Falafel
Makanan yang berbentuk seperti perkedel ini memiliki citarasa pedas. Falafel terbuat dari adonan kacang Faca atau buncis tanah dan rempah-rempah. Makanan yang banyak ditemui di Yordania ini biasa dinikmati dengan topping sayuran acar, salad, saus atau sebagai teman makan roti pita.

8. Baklava
Baklava adalah jenis makanan asal negara Turki yang mirip dengan bolen pisang Indonesia. Roti manis ini merupakan roti lapis berisi potongan kacang walnut atau pistache yang disajikan bersama madu atau sirup.

https://blog.kulina.id/8-makanan-khas-timur-tengah-yang-populer-di-indonesia-6d9ecaa30c8
 
2014 Doan Restaurant

Support by www.websiteresto.net